Soal dan Pembahasan OSP Fisika SMA 2016



1. (12 poin) Sebuah bola dilemparkan dengan kecepatan v0 pada arah horizontal dari suatu puncak bukit yang memiliki sudut kemiringan θ terhadap horizontal. Setiap kali menumbuk permukaan bukit yang miring, tumbukan selalu bersifat elastik. Pada saat tumbukan ke n, bola tepat sampai di dasar bukit. Percepatan g mengarah vertikal ke bawah.

a. Tentukan tinggi bukit (dinyatakan dalam Vo, g, n, dan θ)
b. Hitung ketinggian puncak bukit tersebut jika θ = 30, Vo = 10 m/s, n = 10 kali dan g =
10 m/s2)

2. (12 poin) Sebuah pesawat ruang angkasa dikirim untuk mengamati sebuah planet berbentuk bola yang bermassa M dan berjari-jari R. Ketika pesawat tersebut menyalahkan mesinnya sedemikian sehingga berada pada posisi diam terhadap planet tersebut dengan jarak d dari pusat planet tersebut (d > R), pesawat tersebut menembakkan sebuah paket bermassa m dengan kecepatan awal v0. Massa m jauh lebih kecil daripada massa pesawat.
Paket tersebut ditembakkan membentuk sudut θ terhadap garis radial yang menghubungkan pusat planet dan pesawat tersebut sehingga benda paket tersebut menyinggung permukaan planet. Tentukan :

a. laju benda saat menyinggung permukaan planet
b. sudut θ agar paket tersebut tepat menyinggung permukaannya,
c. Kemudian untuk jarak d yang tetap, tentukan syarat agar Vo (dinyatakan dalam GM,R dan d) agar selalu ada sudut θ sedemikian sehingga paket tersebut dapat menyinggung planet.

3.  (14 poin) Gambar di bawah memperlihatkan sebuah papan pejal tipis homogen dengan panjang 2b dan massa M. Di dua ujung papan dilekatkan massa m. Sistem papan ini dapat menggelinding “ (rolling) tanpa tergelincir (slip) di atas permukaan kasar suatu silinder yang berjari-jari a. Papan tersebut mula-mula setimbang, yaitu satu titik berat papan (titik G) tepat berada di titik puncak silinder tersebut (titik A), dan selanjutnya diberikan sedikit simpangan. Jika papan kemudian berosilasi dan θ adalah sudut AOC, tentukan besarnya periode osolasi kecil dari papan tersebut.



DOWNLOAD SELENGKAPNYA





Previous
Next Post »

1 komentar:

Click here for komentar
Folder OSN
admin
22 October 2017 at 02:44 ×

Terimakasih pembahasan soal osp nya mas.. semoga bermanfaat

Congrats bro Folder OSN you got PERTAMAX...! hehehehe...
Reply
avatar